Beasiswa bagi Peraih Medali Olimpiade Sains

Beasiswa bagi Peraih Medali Olimpiade Sains

Ini adalah contoh berita.
Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Ahmad Jazidie mengatakan, semua peraih medali olimpiade sains berhak mendapatkan beasiswa dari pemerintah. Hal itu dijamin Kemdikbud lewat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 62/2009 tentang pemberian beasiswa kepada peserta didik jenjang pendidikan menengah dan tinggi peraih medali Olimpiade Sains Internasional.

Syaratnya tidak boleh dobel. Sepanjang dia belum dapat beasiswa dari pihak lain, pasti bisa dapat dari pemerintah, kata Jazidie di Jakarta, Jumat (25/7).

Jazidie merespons pernyataan dari peraih Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) tahun 2014, Josephine Monica, yang gagal mendapatkan beasiswa dari pemerintah. Menurut Jazidie, siswa peraih medali emas olimpiade sains internasional secara otomatis mendapatkan beasiswa baik untuk melanjutkan pendidikan di dalam atau luar negeri. Skema beasiswa bisa diambil dari mana saja, tapi prioritasnya Kemdikbud. Hanya tidak boleh dobel. Ketika siswa tidak dapat beasiswa dari mana pun, kementerian yang berdiri paling depan, ujar Jazidie.

Jazidie juga membantah prestasi Indonesia dalam IPhO mengalami penurunan. Menurutnya, naik turunnya prestasi Indonesia dalam ajang olimpiade adalah dinamika yang lumrah. Dia mengatakan, penurunan prestasi Indonesia bukan karena putusnya kerjasama pemerintah dengan Surya Institute.
Storedu.co.id